Selamat Datang di Blog Orang Bogor

Senin, 08 Agustus 2016

Obyek Wisata Air Panas Di Bogor

Berwisata dengan tema alam terbuka memang memiliki nilai tersendiri, bagi kebanyakan orang wisata ini sudah menjadi suatu pilihan yang tepat, terutama bagi yang memiliki rutinitas padat di perkotaan. Berendam di pemandian air panas bisa dijadikan salah satu alternatif pilihannya, karena selain bisa dijadikan untuk terapi pengobatan, wisata ini pilihan yang tepat bagi siapa saja yang membutuhkan kesegaran dan ketenangan saat berlibur, dikarenakan letak atau lokasinya yang berada di sekitar pegunungan dengan pepohonan dan tumbuhan hijau yang rimbun.

Bagi warga jabodetabek pada khususnya, di daerah Bogor sendiri terdapat 4 obyek wisata air panas yang bisa dikunjungi, obyek wisata ini kerap ramai didatangi pengunjung terutama pada akhir pekan atau hari2 libur lainnya. Obyek wisata ini biayanya masih terbilang murah, dengan tarif mulai dari Rp. 5.000/orang, tapi pengunjung akan mendapatkan banyak manfaat yang salah satunya yaitu selain berendam dengan air panas ini menyegarkan juga bisa dijadikan sebagai terapi obat alami.

Berikut ulasan 4 obyek wisata air panas di Bogor


1. Air Panas Gunung Salak Endah


Obyek wisata air panas ini berlokasi di Kp. Ciparay tepatnya dikawasan Gunung Salak Endah Kec. Pamijahan Kab. Bogor, setiap pengunjung hanya dikenakan tarif yang cukup murah yaitu Rp. 4.000/orang, dengan fasilitas seperti kolam rendam, kamar pemandian, mushola dan lain2nya.

Karena letaknya yang berdekatan dengan Gunung Salak, para pengunjung bisa langsung menikmati pemandangan alamnya, yang tentunya tidak akan pernah diperoleh pengunjung selama berada didaerahnya, terutama yang bertempat tinggal di kota. Untuk menuju ke pemandian ini, pengunjung harus melewati sekitar 400 anak tangga dengan suguhan pemandangan alam yang asri disepanjang jalan dengan pepohonan yang rimbun dan aneka ragam tumbuhan hijau yang tentunya dapat menyegarkan mata juga pikiran setiap yang berkunjung ke pemandian air panas Ciparay ini.

Anak Tangga Menuju Air panas
Selain berendam air panas, pengunjung juga bisa menemukan langsung 4 Curug (air terjun) yang tentunya memiliki keunikan eksotis dan tinggi yang bervariasi . Curug (air terjun) yang bisa ditemukan yaitu Curug Cigamea, Curug Seribu , Curung Ngumpet dan Curug Cihurang.

Menikmati Berendam Air Panas Ciparay - Gn. Salak Endah


2. Kawah Ratu


Obyek wisata air panas Kawah Ratu ini sendiri terletak di lereng Gunung Salak, Kab. Bogor Jawa Barat. Kawasan ini bisa dicapai melalui 3 jalur sekaligus, yaitu melalui jalur Cidahu Kab. Sukabumi, Gunung Bunder dan Gunung Salak Endah.


Kabut Asap Dari Uap Air Panas
Kawah Ratu berada di ketinggian 1.338m dpl dengan suhu rata2 10 – 20 derajat celcius, dengan luas ± 30ha. Aktivitas geologi pada Kawah Ratu terjadi sepanjang hari, kepundan yang selalu mendidih serta mengeluarkan gas asam sulfat (H2S) sehingga sering mengeluarkan baunya yang khas dan terkadang mengeluarkan suara gemuruh. Di kawasan ini pun sering di selimuti asap tebal atau kabut yang di akibatkan dari semburan air panas yang menguap.

Sungai Yang Membelah Area Kawah Ratu
Pada kawasan ini terdapat sebuah sungai yang membelah area Kawah Ratu itu sendiri, yang memiliki air yang sangat jernih, sehingga banyak pengunjung yang berendam di sungai tersebut. Pada pinggiran sungai dan pada sela2 bebatuan banyak terdapat lapisan Belerang, sehingga banyak dari pengunjung yang sengaja mengambil Belerang untuk dibawa pulang, karena Belerang sendiri dipercaya berkhasiat dapat menyembuhkan segala penyakit kulit. Air sungainya akan terasa lebih hangat dan aroma belerang pun akan tercium semakin tajam apabila pengunjung berada di lokasi ke arah hulu sungai, untuk itu setipa pengunjung yang datang ke Kawah Ratu ini di anjurkan untuk tidak mandi dibagian sungai tersebut karena dianggap berbahaya apabila mencium gas beracun.
 
Kawah Ratu
  
3Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng
 
Obyek wisata ini berada di Kecamatan Bogor yaitu tepatnya di sekitar daerah Parung, jarak tempuhnya kurang lebih 28 km atau dengan waktu tempuh kurang lebih 45-60 menit dari kota Bogor itu sendiri. Pada saat pertama kali memasuki area kawasan, pengunjung bisa langsung menyaksikan pemandangan bukit batu seperti gunung kecil yang bersalju Karena memang terlihat tampak putih pada bukit2nya yang tertutup oleh endapan kapur yang mengandung kadar belerang dan yodium sambil mengeluarkan air panas, yang dianggap bisa mengobati berbagai penyakit kulit serta tulang.

Fasilita Pada Obyek Wisata Tirta Sanita
Untuk bisa masuk ke obyek wisata ini, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp. 12.000 untuk orang dewasa dan Rp. 8.000 untuk setiap anak, karena ada beberapa tempat pemandian  di area ini maka setiap pengunjung  dapat memilih tempat berendamnya sesuai dengan yang diinginkan pengunjung tentunya di sesuaikan dengan harga yang berlaku, seperti pemandian khusus anak2 dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000/anak, pemandian Bougenville Rp. 7.000/orang untuk kolam rendam dan Rp. 10.000/kamar rendam. 

Pemandian Air Panas Tirta Sanita
Di dalam Obyek wisata Tirta Sanita Ciseeng tidak hanya menawarkan wisata pemandian air panas saja, disana juga terdapat area permainan anak, area Outbound, perahu, dan juga terdapat bermacam terapi seperti terapi ikan, lintah juga bekam. Fasilita yang disediakan di kawasan ini antara lain hotel penginapan, rumah makan, kios cendramata, panggung pertunjukan dan lain sebagainya.
Untuk alamat lengkapnya
 
Info Lengap (Klik Disini)



Taman Wisata TIRTA SANITA :

Jalan Raya Gunung Kapur Ciseeng – Parung
Bogor  16330 - Jawa Barat
Contact Person : 0251-8542551 / 0251-8542550 

4. Pemandian Air Panas Gunung Pancar
 
Obyek wisata air panas Gunung Pancar berlokasi di Kab. Bogor tepatnya di Kec. Citeureup yaitu di Kp. Karang Tengah – Babakan Madang Sentul dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 45-60 menit dari pintu tol Sentul.

Obyek Wisata Air Panas Gn. Pancar Bogor
Gunung Pancar memiliki ketinggian  ± 300 - 800 m dpl, dengan tingkat kemiringan sekitar 15 - 40%. Seperti pada umumnya pemandian air panas Gunung Pancar ini juga dapat dijadikan terapi untuk mengobati segala penyakit kulit. Obyek wisata ini memiliki keunikan tersendiri karena memiliki kadar belerang yang cukup tinggi di banding beberapa obyek wisata pemandian air panas yang ada di Bogor.

Kolam rendam yang sediakan oleh pengelola obyek wisata ini, terdapat 2 kolam yaitu kolam rendam umum dan juga kolam rendam pribadi. Dengan harga tiket masuk sebesar Rp. 20.000,- untuk orang dewasa dan Rp. 10.000,- untuk setiap anak. 

Kolam Rendam Air Panas Gn. Pancar

Itulah sedikit ulasan beberapa obyek wisata pemandian air panas di Bogor, yang menawarkan banyak pengalaman berwisata tentunya dengan sajian keindahan sumber daya alamnya.

Sumber : http://www.tempatwisatadibogor.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar