Selamat Datang di Blog Orang Bogor

Minggu, 14 Agustus 2016

Danau Di Kota Bogor


Danau mempunyai begitu banyak manfaat, selain digunakan untuk pengairan (Irigasi), perikanan dan yang lainnya. Danau juga kerap dijadikan sebagai sarana rekreasi atau hiburan, berolahraga dan masih banyak lagi.


Di Bogor sendiri terdapat beberapa danau yang bisa di temukan untuk di kunjungi, di antaranya

1. Danau Quarry

Danau Jayamix Rumpin atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama Danau Quarry. Dulunya sebelum di jadikan temput umum atau obyek wisata, Danau ini merupakan area pertambangan batu alam untuk material pembuatan beton, karena dianggap mengganggu warga sekitar, akhirnya danau yang dulunya sebagai kawasan pertambangan tersebut ditutup dan karena sudah tidak ada lagi aktifitas, kawasan pun dibiarkan terbengkalai menjadi penadah hujan selama bertahun2 sehingga kawasan ini tampak menjadi danau alami seperti sekarang ini.


Danau Quarry atau Danau Jayamix Rumpin

Danau Quarry terletak di Desa Tegal Lega, Kec. Cigudeg, Kab. Bogor. Untuk bisa sampai ke danau Quarry, bisa melewati Pasar Parung yang ke arah Rumpin atau Parung Panjang. Akses menuju danau Quarry ini memang sedikit agak sulit, karena medan atau jalanan yang kurang begitu nyaman, tapi semua itu akan terbayarkan pada saat tiba di lokasi dengan menikmati nuansa alam yang terdapat pada danau Quarry ini.

Danau Quarry atau Danau Jayamix Rumpin

Besaran biaya yang harus dibayarkan pada saat akan memasuki kawasan danau Quarry ini, perorang hanya di kenakan tarif sebesar Rp. 10.000,- saja. Terbilang cukup murah karena tidak sebanding dengan apa yang di dapatkan dari pengalaman berwisata pada saat berada di danau Quarry ini.

Danau Quarry atau Danau Jayamix Rumpin


2    2. Danau Dora

Danau yang sudah tidak asing lagi terutama bagi warga Cibinong Bogor ini kerap dikunjungi  oleh banyak pengunjung dari berbagai kalangan, dikarenakan sehubungan letak atau lokasi yang mudah untuk dijangkau baik itu dengan kendaraan maupun dengan berjalan kaki. Danau yang kerap dijadikan background atau latarbelakang saat berfoto ini, memang merupakan area yang layak untuk dijadikan daftar dalam list referensi tempat untuk berfoto2.

Pengunjung Sedang Menikmati Ke Indahan Danau Dora Cibinong

Danau yang letaknya tidak jauh dari pintu gerbang Pemda Cibinong ini, terletak di kawasan LIPI (Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia) dengan jarak temputk kira2  500m dari gerbang Pemda. Akan banyak ditemukan pengunjung baik itu yang hanya sekedar bersantai, berkumpul, foto2, memancing dan malakukan aktifas lainnya, selama berada di kawasan Danau Dora ini.

Danau Dora Cibinong

Tidak ada biaya yang harus dikeluarkan ketika kita memasuki kawasan Danau Dora, dikarenakan tempat ini sengaja disediakan pihak Pemda Cibinong untuk bisa dinikmati secara gratis oleh umum, khususnya bagi warga Cibinong itu sendiri.

Danau Dora Cibinong


3    3.  Danau Situ Gede

Danau yang terletak di kel. Situ Gede, Bogor Barat - Dramaga ini, pada awalnya bukanlah sebagai kawasan obyek wisata untuk umum. Setelah di resminkan menjadi kawasan wisata untuk umum oleh pemerintah dan Litbang kota Bogor, danau ini kerap di padati pengunjung terutama pada hari2 libur atau akhir pekan. Baik itu yang hanya sekedar rekreasi, memancing, berperahu dan kegiatan2 lainnya.

Wisatawan Danau Situ Gede
 

Untuk bisa sampai ke kawasan danau yang dikelilingi hutan ini, harus menempuh perjalan sekitar ± 10 Km dari pusat kota Bogor atau ± 3 Km dari terminal Bubulak Bogor. Kawasan yang memiliki pemandangan alam yang indah ini mempunyai luas sekitar 6 Hektar yang dikelilingi pepohonan yang rimbun.


Danau Situ Gede

Harga tiket masuk ke Danau Situ Gede adalah sebesar Rp. 2.000,- untuk parkir kendaraan roda 2 (motor), sedangkan untuk kendaraan roda 4 (mobil) sebesar Rp. 10.000,- untuk sekali parkir, jadi tidak ada pungutan biaya alias gratis, untuk siapa saja yang ingin berkunjung atau masuk ke kawasan ini, hanya di kenakan biaya parkir kendaraan saja ketika masuk ke kawasan danau.

Danau Situ Gede


4      4. Telaga Warna

Danau atau Telaga Warna ini merupakan kawasan danau yang paling di favoritkan, baik itu oleh warga Bogor sendiri maupun para pengunjung yang sengaja datang dari luar kota.  Sama seperti danau2 lain pada umumnya, kawasan ini awalnya bukanlah obyek wisata yang di peruntukan bagi umum. Kawasan yang berada di area perkebuna teh ini merupakan salah satu bagian dari kawasan Cagar alam hutan Mega Mendung dan juga hutan Gunung Hambalang yang di lindungi dan di kelola oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam pemerintah kota Bogor.

Danau atau Telaga Warna

Telaga yang terletak di kawasan Cisaru Puncak Bogor ini, konon katanya berasal dari cerita rakyat yang melegenda, yaitu danau atau telaga yang berasal dari perhiasaan seorang putri raja yang di buang, yang mengakibatkan tangisan rakyat membanjiri istana, sehingga terbentuklah sebuah telaga atau danau seperti sekarang ini.

Danau atau Telaga Warna yang berasal dari Cerita Rakyat (Legenda)

Kawasan yang terdapat pada ketinggian 1400 Mdpl ini, memiliki luas 5 Hektar dengan luas telaga sendiri adalah sekitar 1,5 Hektar. Aneka ragam jenis pepohonan akan di jumpai di kawasan ini, seperti pohon Puspa, Saninten dan masih banyak lagi. Selain pepohonan dan tumbuhan, bisa di jumpai pula aneka jenis satwa, seperti Kera abu2, Surili, Lutung , dan juga beraneka ragam jenis burung.

Perahu Rakit di Danau atau Telaga Warna

Fasiliatas yang tersedia di area danau atau Telaga Warna, diantaranya Hotel atau penginapan umum, Rumah Makan, Tempat beribada dan beberapa fasilitas lainnya. Sedang aktifitas yang bisa dilakukan selama berada dilokasi antara lain menikmati wahana air, Flying Fox, Trecking dan melihat satwa burung. Harga tiket masuk untuk bisa memasuki kawasan danau atau telaga ini adalah Rp. 7.500/orang.

Rekreasi di Danau atau Telaga Warna


5       5. Danau Lido

Danau yang dibuat pada zaman Belanda sekitar tahun 1898 ini, merupakan danau buatan yang sumber airnya sendiri berasal dari aliran sungai dan mata air alam yang terbendung. Lagi2 dulunya danau ini tidak dibuka untuk umum, baru pada tahun 1940 kawasan ini diresmikan di buka untuk umum setelah Ratu Wilhemina datang dan beristirahat di danau Lido.

Danau Lido Bogor

Jika dilihat dari atas, Danau Lido akan terlihat seperti mangkuk di kaki Gunung Gede – Pangrango. Di dekat danau ini pun terdapat air terjung Curug Cekaweni yang mengalirkan air yang sangat dingin dari bahu Gunung Gede Pangrango. Luas kawasan danau sendiri yaitu 1,7 Hektar, dengan ketinggian 500 Mdpl yang diapit oleh Gunung Salak dan Gunung Gede Pangrango.

View Atas Danau Lido Bogor


Aktifitas yang bisa dilakukan di kawasan Danau Lido ini antara lain seperti bermain Sepeda air, Spedd Boat, Memancing, Perahu Rakit atau Getek, Kolam Renang, Bamboo Raft, Motor ATV, Rafting atau berdayung perahu kecil sendiri dan beberapa permainan lainnya. Sedang untuk fasilitas yang di sediakan oleh pihak pengelola yaitu penginapan berupa Resort atau Villa, Tempat Ibadah, Rumah Makan dan beberapa fasilitas lain seperti pada umumnya.


Danau Lido Bogor

Danau yang terletak di Jalan Raya Bogor Sukabumi, tepatnya berada di Kecamatan Cigombong Bogor. Berada di samping jalan raya utama, sehingga untuk bisa ke lokasi danau ini tidak sulit. Harga tiket masuk ke kawasan obyek wisata ini yaitu Rp. 5.000,-/orang, diluar tarif penyewaan fasilitas atau wahana permainan.

Danau Lido Bogor

Itulah beberapa Danau yang terdapat di kota Bogor, ada yang terjadi karena proses alam atau ada juga yang sengaja di buat atau danau buatan, ke duanya memiliki value yang sama terutama pemandangan alam yang ada di sekitar danau2 tersebut. Tinggal pilih mana yang cocok untuk segera di kunjungi atau ke 5 Danau ini memang layak untuk di kunjungi, karena akan menambah pengalaman serta wawasan saat kita berwisata alam nanti.   

1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus