Selamat Datang di Blog Orang Bogor

Jumat, 16 Januari 2015

Waspada 212 Pohon Rawan Tumbang di Bogor

Sekitar 14.275 pohon di Kota Bogor, tercatat ada 212 pohon rawan tumbang.  Pohon – pohon yang rawan tumbang tersebut berdiri dipinggir jalan di wilayah Kota Bogor  diantaranya di Jalan Padjajaran, Jalan Juanda, Jalan Pemuda, Jalan Dadali, Jalan Sumeru, dan Jalan Ahmad Yani.


Jl. Pemuda Kota Bogor
Sejauh ini, Pemerintah kota Bogor telah melakukan antisipasi dengan menebang sebagian pohon tua yang rawan tumbang.  Namun, diakui Walikota Bogor yaitu Bpk Bima Arya,  bahwa penebangan pohon tua  belum semuanya dilaksanakan karena keterbatasan tenaga penebang pohon.

Beliu pun menghimbau kepada  masyarakat atau warga Bogor agar berhati-hati saat melintasi kawasan jalan yang sudah dianggap rawan tumbang pohon yang disebutkan tadi. Bagi warga yang tidak  membawa kendaraan dihimbau untuk tidak berteduh dibawah pohon saat hujan turun,  dan kepada yang membawa kendaraan bermotor  untuk tidak memarkirkan kendaraannya di bawah pohon tua dan besar karena bisa saja tiba-tiba tertimpa pohon yang tumbang karena deras hujan yang besar di kota Bogor sekarang ini.

Lebih lanjut Walikota mengatakan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor telah memberi tanda pada pohon tua, besar, dan rawan tumbang yang belum ditebang.  “ Warga diminta melaporkan jika menemukan ada pohon yang rawan tumbang, “ kata Beliau. 

Pohon Tumbang di Kebun Raya Bogor 
Terkait tumbangnya pohon  yang telah menewaskan pengunjung Kebun Raya Bogor (KRB) baru-baru ini, Wakil Walikota Bogor yaitu Bpk Usmar Hariman, mengatakan peristiwa di Kebun Raya Bogor  merupakan musibah yang menimbulkan keprihatinan bagi pemerintah Kota Bogor.

"Kita akan akan segera mengidentifikasi (pohon-red) meminta revisi dari Kebun Raya dan juga IPB, agar kejadian serupa tidak lagi terjadi." imbuh Beliau selaku Wali Walikota Bogor


Bpk Usmar Hariman (Wakil Walikota Bogor)
Sementara terkait keluarga korban akibat tumbangnya pohon di KRB, Pemkot Bogor siap memfasilitasi para korban, bekerja sama dengan pihak KRB dan Jasa Raharja.  "Kita siapkan armada untuk membawa korban-korban ini pulang ke rumah masing-masing. Serta mengupayakan perawatan seluruh korban terpusat di RS PMI," kata Beliau sebagai klarifikasi & tanggung jawab Dinas Pemkot Bogor, kepada para korban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar