Selamat Datang di Blog Orang Bogor

Sabtu, 06 Agustus 2016

Kampung Budaya Sunda Sindang Barang

http://kampungwisatasunda.blogspot.co.id

Bogor memang memiliki beberapa obyek wisata yang layak untuk dikunjungi, lingkungan & udaranya pun masih terbilang asri, sehingga pilihan yang tepat bagi siapa saja yang ingin berkunjung, baik itu untuk berwisata atau pun sekedar hanya untuk beristirahat (Refresh) saja.


Obyek wisata bernuansa asri di Bogor

Di seputar Bogor barat terdapat sebuah obyek wisata yang menyajikan tema alam dengan kebudayaan adat istiadat tatar Sunda, yang berlokasi di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Taman Sari, Jawa Barat. Obyek wisata tersebut bernama Kampung Budaya Sindang Barang (KBSB), sesuai dengan nama daerahnya yaitu desa Sindang Barang.

Obyek wisata ini didirikan sejak tahun 2006, menurut sesepuh desa Sindang Barang sendiri yaitu Bapak Ukat Sukatma. Lahan yang luasnya lebih dari satu hektar ini, memiliki beberapa bangunan kuno yang tentunya menjadi ciri khas adat istiadat sunda pada zaman dulu, terlihat dari bahan2 material bangunannya yang masih menggunakan kayu dan bambu. Bangunan2 tersebut mengelilingi lapangan rumput yang menghijau, sehingga memberi daya tarik tersendiri pada saat kita berada disana.

Momen liburan selalu dipadati pengunjung

Ternyata bangunan kuno ala adat sunda ini memiliki beberapa jenis nama serta fungsi masing2, sehingga dapat memberi sedikit wawasan bagi pengunjung untuk lebih mengenal lagi tentang adat istiadat sunda.Ada yang disebut dengan Imah Gede yaitu rumah yang biasanya diperuntukan bagi kepala adat, ada juga bangunan Girang Serat yaitu rumah untuk Lengser atau Penasehat Raja, lalu ada yang disebut Saung Lisung yaitu tempat untuk menumbuk padi dan juga ada bangunan Saung Talu yaitu semacam panggung kesenian sunda dan masih ada beberapa bangunan lainnya.

Pengunjung juga bisa mempraktekan langsung berbagai permainan tradisional, seperti Engkrang, Bakiak Batok dan yang lainnya, selain itu pengunjung juga bisa mencoba memainkan alat musik sunda, seperti Gamelan, Angklung dan lain2.

Bermain permainan tradisional
Suguhan musik tradisional


Info lengkap obyek wisata : Klik disini

Sumber : tribunnews.com










Tidak ada komentar:

Posting Komentar