Selamat Datang di Blog Orang Bogor

Selasa, 16 Desember 2014

Sekilas Sejarah Tentang Kota Bogor

Kota Bogor merupakan sebuah kota yang terletak 54 KM dari sebelah selatan Jakarta. Bogor juga terkenal dengan julukan Kota Hujan, karena memang memiliki curah hujan yang sangat tinggi, sehingga sudah bukan hal aneh lagi jika di Bogor ini hujan hampir bisa setiap hari.Bogor dikenal juga dengan nama Buitenzorg (pengucapan: boit'n-zôrkh", bœit'-) yang berarti "tanpa kecemasan" atau "aman tenteram" oleh para kolonial2 Belanda dulu. karena sarat akan sejarah dibogor pun ada beberapa peninggalan sejarah & prasejarah zaman dahulu.


Bendungan Katulampa - Bogor
Monumen Olivia Raffles - Kebun Raya Bogor


Hari jadi kota Bogor yaitu tepat pada tanggal 3 Juni 1482 yang ditetapkan oleh DPRD Kota dan Kabupaten Bogor sejak tahun 1973. mungkin bagi yang pernah berkunjung ke kota Bogor pasti pernah mendengar nama Pakuan, itu merupakan pusat Pemerintahan Pajajaran terkenal pada pemerintahan Prabu Siliwangi (Sri Baginda Maharaja). Sebenarnya catatan mengenai kota Pakuan sempat hilang, Itu terjadi akibat penyerbuan tentara Banten ke Pakuan Pajajaran, dan baru terungkap kembali setelah datangnya rombongan ekspidisi orang-orang Belanda yang dipimpin oleh Scipio dan Riebeck pada tahun 1687, lalu rombongan tersebut meneliti Prasasti Batutulis dan situs-situs lainya yang meyakini bahwa di Bogorlah terletak pusat Pemerintahan Pakuan Pajajaran. 





itulah sedikit sekilas sejarah tentang kota Bogor, sebenarnya masih panjang & banyak lagi ceritanya tapi saya disini hanya mengambil sebagian inti dari sejarahnya saja. yach minimal saya coba ingin jelaskan inilah sepenggal kisah dari kota Bogor.
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar